Tugas 1 Sistem Informasi Pembangunan

Nama : Fatekhatul Hasni Nur Fadila

NIM : 21/473479/SV/18833

Kelas : PEK 51

MBTI : ISFJ-T

Mengapa Pemerintah Daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan? Anda bisa menjelaskan dengan memberikan ilustrasi satu contoh sistem informasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi.

Sistem Informasi merupakan suatu alat yang sangat penting dalam penyelenggaraan pembangunan. Hal tersebut dikarenakan pada sistem infromasi memuat berbagai data yang dibutuhkan dalam proses pembangunan suatu daerah. Adanya sistem informasi mempermudah pemerintah dalam melakukan perencanaan dan pemetaan pembangunan. Selain itu, dengan adanya sistem informasi segala data yang dibutuhkan dan digunakan dalam pembangunan menjadi lebih efektif dan efisien karena terkumpul dalam satu kesatuan. Selain itu, adanya sistem informasi juga membuat perencana mempunyai pandangan visioner yang akan dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerahnya.
Salah satu contoh sistem informasi yang digunakan oleh institusi adalah aplikasi Pandu Online yaitu aplikasi pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Aplikasi Pandu Online dirancang agar urusan terkait administrasi kependudukan di Kabupaten Sragen menjadi lebih efektif. Aplikasi Pandu Online sendiri memuat berbagai informasi kependudukan serta pengajuan pembuatan dokumen seperti KTP, KK, akta kelahiran, KIA dan sebagainya. Adanya aplikasi Pandu Online ini dianggap memudahkan masyarakat mengenai dokumen administrasi kependudukan, dimana masyarakat tidak perlu repot datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mengurus dokumen kependudukan tersebut. Sedangkan, pada tingkat nasional terdapat aplikasi yang bernama Identitas Kependudukan Digital dimana pada aplikasi tersebut juga memuat informasi kependudukan berupata data keluarga dan dokumen kependudukan. Selain itu, masyarakat juga bisa mengajukan pelayanan mengenai administrasi kependudukan melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital tersebut.
Contoh lainnya dari sistem informasi pembangunan adalah website Portal Layanan Publik Pemerintah Kabupaten Batang. Website ini dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam mencari berbagai informasi mengenai layanan publik, layanan administrasi pemerintahan, dan sistem pemerintahan digital. Pada sistem informasi tersebut terdapat berbagai jenis layanan yang langsung dikaitkan dengan dinas yang bersangkutan serta tata cara pengajuan layanan yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya saja masyarakat membutuhkan informasi mengenai ketenagakerjaan maka akan langsung dihubungkan dengan website Batang Career milik Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Batang. Dimana pada website Batang Career tersedia berbagai layanan seperti :
1. CV Online.
2. Tes Psikologi.
3. Informasi Lowongan.
4. Lamar Online.
5. Informasi Lowongan Pekerjaan Bagi Masyarakat Kabupaten Batang.
Dari beberapa contoh sistem informasi di atas maka dapat disimpulkan jika sistem informasi sangat penting dalam proses pembangunan. Selain dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai informasi di suatu daerah, sistem informasi juga dapat mempermudah kinerja pemerintah daerah menjadi lebih efisien dan efektif.